Kamis, 17 Januari 2013

Mengenal Harddisk Lebih Dekat


Mengenal Harddisk Lebih Dekat Berikut Cara Kerjanya


Harddisk adalah media penyimpanan utama pada sebuah komputer. Apa saja komponen pendukung harddisk dan bagaimana cara kerjanya? Mari kita simak bahasan berikut ini.
Sebuah harddisk membaca dan menulis data dengan memutar piringan-piringan datar yang disebut platter. Kedua sisi platter tersebut dilapisi dengan media khusus yang dapat menyimpan data berpola magnetik. Pada bagian tengah setiap platter, terdapat lubang agar platter dapat ditempatkan pada sebuah pemutar yang disebut spindle. Spindle ini terhubung dengan motor spindle yang berfungsi untuk merotasikan spindle sehingga platter juga ikut berputar.

            
 Alat khusus yang dapat memanipulasi magnetik disebut head, yang terpasang pada ujung slider. Slider sendiri terpasang pada arm. Semua komponen tersebut terpasang pada alat yang bernama actuator. Actuator adalah komponen yang berfungsi mengatur posisi head ketika terjadi proses read/write.
Setiap permukaan platter pada disk dapat menampung puluhan miliar individu bit data. Agar pengaksesan data lebih mudah, bit-bit data tersebut dikelompokkan menurut metode tertentu. Setiap platter umumnya mempunyai dua head.

Satu di atas platter dan satu lagi di bawah platter. Jadi sebuah harddisk dengan tiga platter (pada umumnya) mempunyai enam permukaan dan total jumlah head adalam enam. Setiap platter menempatkan data informasinya pada sebuah jalur lingkaran memusat (spiral) yang disebut tracks. Track itu sendiri masih dipecah-pecag menjadi bagian yang lebih kecil yang disebut sector. Setiap sector mampu menyimpan informasi 512 byte.
Sebuah harddisk dibuat dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Komponen utama dari harddisk terisolasi dari udara luar, untuk mencegah adanya benda asing yang masuk yang dapat menyebabkan kerusakan hada read/write head, ataupun menggores permukaan platter.

0 komentar:

Posting Komentar