Kamis, 17 Januari 2013

9 Cara Merawat Flashdisk





Sebagai media penyimpanan data yang praktis, simple, murah, mudah didapat serta meliliki kapasitas yang cukup besar dalam menyimpan file. flashdisk sudah barang tentu menjadi media penyimpan data yang paling banyak digemari.
Beberapa orang bahkan sangat pusing apabila barang kesayangannya itu tiba-tiba rusak. Lalu bagaimana cara merawat flashdisk agar data kita tersimpan dengan aman ? berikut sembilan tips merawat flashdisk :
1.    Jauhkan dari medan magnet yang kuat. Barang-barang elektronik seperti TV dan handphone sangat tidak baik untuk flashdisk.
2.    Jangan terkena air. Walaupun ada beberapa produsen flashdisk yang mengklaim bahwa produknya waterproof (tahan air), menjauhkan flashdisk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman.
3.    Melakukan scanning virus. Lakukan scanning virus ini setiap kali flashdisk dimasukkan ke komputer, tentunya dengan menggunakan antivirus yang sudah ter-update.
4.    Lakukan proses eject dan stop. Karena jika anda tidak melakukan proses eject dan stop dapat juga mempengaruhi kerusakan pada data-data yang ada di dalamnya.
5.    Jauhkan dari tempat yang panas. Semua barang elektronik tidak terkecuali flashdisk sangat rentan dengan yang namanya panas, apalagi bila terkena matahari langsung
6.    Hindari dari benturan yang keras. Flashdisk yang terkena benturan keras, seperti jatuh berkali-kali memiliki resiko besar untuk kehilangan data atau akan mengalami kerusakan secara fisik
7.    Usahakan agar selalu tertutup. Udara dan lingkungan kita penuh dengan kotoran dan debu. Jika flashdisk kita kotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal.
8.    Minimalisir proses hapus tulis (write and delete). Usia flashdisk berbeda-beda, tergantung kualitas flashdisk itu sendiri. Biasanya usia flashdisk antara 10.000 – 100.000 kali proses hapus tulis.
9.    Berilah gantungan seperti gantungan kunci pada flashdisk Anda. Hal ini berguna agar anda mudah mengingat dimana flashdsik anda diletakkan.
Semoga sembilan tips diatas dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar